9 Strategi Membangun Bisnis Yang Tepat Untuk Kamu, Mau Tahu?

9 Strategi Membangun Bisnis Yang Tepat Untuk Kamu, Mau Tahu?

By Harisenin Team March 18, 2021

Sudah banyak sekali orang di luar sana yang mulai membangun bisnis mereka sendiri, dengan harapan agar bisa menjadi seorang entrepreneur yang sukses. Tapi perlu kamu ketahui juga bahwa untuk sukses dalam berbisnis tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada yang berhasil dan bisa membangun perusahaan besarnya, seperti membangun bisnis startup sendiri, memulai usaha kuliner, hingga sukses dengan brand fashionnya. Namun, tidak sedikit juga yang gagal dan akhirnya menyerah kemudian memilih menjadi seorang yang mengharapkan gaji dari perusahaan, yang dinilai lebih pasti.

Oleh karenannya, membangun bisnis sendiri ataupun membangun bisnis bersama pasangan harus punya perencanaan dan strategi yang jitu. Selain usaha dan semangat untuk membangun bisnis hingga sukses, diperlukan juga strategi membangun bisnis yang tepat.

9 Strategi Membangun Bisnis

  1. Tanamkan Mindset Untuk Menjadi Solusi
    Berbisnis bukan sekedar untuk memperoleh keuntungan semata, tapi juga berperan untuk mengatasi masalah konsumen. Berusahalah untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda dari kebanyakan pebisnis.

Yaitu, dengan menjadikan setiap produk dan layanan yang Kamu berikan adalah untuk memberikan solusi terbaik dari setiap permasalahan konsumen dan masyarakat.

Mindset inilah yang akan membuat Kamu menjadi lebih jeli melihat peluang dan kritis dalam mengembangkan bisnis. Mereka yang merasa terbantu dengan bisnis Kamu akan lebih loyal dan menjadikan bisnis tersebut sebagai pilihan.

  1. Melakukan Riset Secara Mendalam
    Strategi membangun bisnis selanjutnya yang perlu Kamu lakukan adalah riset secara mendalam. Dengan melakukan riset maka Kamu sudah berusaha untuk memulai bisnis dengan pondasi yang kuat.

Hal-hal apa saja yang nantinya akan berpengaruh besar pada bisnis dan bisa di maksimalkan lebih awal dengan riset?

  • Menentukan produk yang ingin ditawarkan
  • Memperjelas target konsumen yang ingin disasar
  • Menyiapkan berbagai sumberdaya yang nantinya akan dibutuhkan bisnis
  • Menganalisa kompetitor
  • Memprediksikan peluang dan resiko yang akan dihadapi nantinya
  1. Mengatur Rencana Keuangan Dengan Tepat
    Kamu harus belajar untuk membuat perencanaan dan mengatur keuangan yang tepat. Keuangan yang terencana akan sangat membantu Kamu untuk mengalokasikan setiap dana pada kebutuhan yang paling prioritas. Selain itu, untuk Kamu yang kekurangan modal usaha juga akan terertolong ketika mengelola keuangan agar lebih hemat.
  2. Mencari Modal Usaha/Investor
    Mencari modal untuk mengembangkan bisnis sendiri juga bagian dari strategi membangun bisnis. Saat Kamu Ingin bisnis yang sedang dirintis bisa menjadi bisnis besar, maka kebutuhan modal yang lebih besar juga harus bisa Kamu sediakan.

Strategi membangun bisnis yang bisa Kamu usahakan untuk mendapatkan lebih banyak modal adalah Dengan Penghasilan dan Tabungan Pribadi, Melalui Pinjaman, dan Investor.

  1. Memanfaatkan Teknologi Digital
    Strategi membangun bisnis yang paling efektif untuk Kamu terapkan di era digital saat ini adalah dengan menggunakan teknologi digital. Membangun bisnis melalui bantuan teknologi digital adalah strategi membangun bisnis online yang saat ini memang lagi marak di masyarakat. Selain mempermudah dalam mengelola bisnis, Kamu juga dapat menghemat pengeluaran dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih.
  2. Melakukan Pemasaran Secara Kreatif
    Memulai strategi bisnis itu juga memerlukan kreatifitas yang tinggi. Kenapa begitu? Sebab banyaknya persaingan akan terus menuntut Kamu untuk bisa memikat konsumen dengan berbagai cara kreatif dan lebih banyak audience yang tertarik menjadi pelanggan.

Pesaing Kamu juga pasti mempunyai strategi bisnisnya sendiri yang bisa dibilang dapat mengancam Kamu dalam membangun jaringan bisnis yang lebih potensial. Dengan menjadi kreatif dan inovatif Kamu akan terus melakukan pengembangan bisnis yang paling terbaik dan tetap diminati.

  1. Memperdalam Teknikal Dan Soft Skill
    Membangun bisnis yang sukses bukan hanya berfokus pada bisnis itu sendiri, tapi lebih dari itu bersama bisnis tersebut Kamu juga harus ikut berkembang dan memperdalam kemampuan. Diantaranya kemampuan teknis dan soft skill yang dibutuhkan.
  2. Mencari Mentor Bisnis Untuk Konsultasi
    Temukanlah mentor yang dapat membimbing dan membantu Kamu mewujudkan impian bisnis yang sukses. Mentor bisnis akan mengarahkan Kamu dengan pengetahuan serta pengalamannya dalam membangun usaha.

Berbagai strategi dan kiat-kiat yang harus Kamu terapkan akan di ajarkan secara mendalam dan jelas. Sama halnya dengan para mentor bisnis yang ada di Harisenin.com, Kamu dapat berkonsultasi persoalan bisnis secara personal dan 1-on-1 untuk mengatasi semua persoalan bisnis yang ingin Kamu ketahui.

  1. Melakukan Evaluasi Secara Berkala
    Yang terakhir adalah terus melakukan evaluasi untuk meningkatkan strategi pengembangan bisnis. Jangan lupa juga untuk mencari tahu dan mengukur sejauh mana performa bisnis dan seberapa besar kekurangan yang harus ditutupi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.